Wednesday, October 10, 2012

BISNIS LAPANGAN FUTSAL SANGAT MENGUNTUNGKAN

Bisnis penyewaan lapangan futsal dua tahun terakhir ini sangat  marak.  Beberapa pengusaha penyewaan lapangan olahraga yang sebelumnya tidak tertarik di dalam bisnis penyewaan lapangan futsal mulai beralih berbisnis penyewaan lapangan futsal. Banyak pengusaha penyewaan lapangan olahraga, seperti bulu tangkis, volley ball dan  basket, mulai merubah lapangannya menjadi lapangan futsal. Bahkan beberapa pengusaha pergudangan juga sudah banyak yang merubah gudangnya menjadi lapangan futsal.  Benarkah bisnis lapangan futsal menguntungka ?. Alasan mereka sederhana, penyewaan lapangan futsal tidak tergantung poin didalam pertandingan, tapi bergantung waktu penyewaan.  Satu game permainan bulu tangkis bisa memakan waktu 1 sampai  2 jam, dengan jumlah pemain maksimal 4 orang untuk ganda, dan 2 orang untuk single.  Tarifnya juga murah, karena mereka umumnya menyewa bulanan.  Sementara lapangan futsal, bisa digunakan oleh sepuluh orang dengan durasi (lama bermain) 1 jam. Sewa 1 jam lapangan futsal berkisar antara Rp. 200.000 s/d Rp. 300.000.  Dalam sehari lapangan futsal bisa di gunakan sampai 10 jam.  Dengan kata lain, jika 10 jam perhari, maka income perhari mencapai Rp. 2.000.000 s/d Rp. 3.000.000. Bandingkan dengan penyewaan lapangan olahraga lainnya.
Itulah sebabnya banyak pengusaha dan pengelola penyewaan lapangan olahraga mulai melirik bisnis penyewaan lapangan futsal.  Alasannya sederhana, pemeliharaannya mudah, hanya memperkerjakan sedikit karyawan. Keuntungan perbulan mencapai Rp. 60 juta s/d Rp. 90 juta. Penghasilan dari lapangan futsal akan bertambah lagi, jika dilengkapi dengan kantin dan warnet.
Karena sangat menjanjikan beberapa pengusaha bahkan berani dengan system pinjam pakai lahan dalam kurun waktu tertentu. Dengan perhitungan jika pinjam pakai lahan selama 10 tahun dengan investasi Rp. 380 juta, setelah 10 tahun lapangan beserta bangunannya menjadi milik pemilik lahan. Ternyata keuntungan sangat mengiurkan, mencapai Rp. 7, 2 milyar (Rp. 60 juta  x 12 bulan  x 10 tahun = Rp. 7.2 milyar). Sungguh bisnis yang sangat menguntungkan. Nah kalau menguntungkan mengapa anda tidak mencobanya. Namun jika anda tidak memiliki modal yang cukup untuk membangun gedung lapangan futsal,  jangan kuatir, anda bisa membuat lapangan futsal terbuka dengan modal yang sangat minim.

No comments:

Post a Comment